UNIK ! Lingkaran Hitam Ini Bukanlah Sensor, Ini Pigmen Luar Biasa
















Lingkaran hitam tersebut bukanlah editan Photoshop. Seperti yang dilansir dari odditycentral.com, obyek tersebut hanyalah benda yang dilapisi dengan Vantablack.
Vantablack merupakan material warna hitam yang paling pekat sedunia.
Vantablack dikembangkan oleh Surrey NanoSystems yang berbasis di UK, tiga tahun lalu.Penemuan ini membuat tercengang para ilmuan dan seniman. Pigmen luar biasa ini dibuat dari rangkaian tabung vertikal mikroskopik yang manangkis cahaya, yang pada dasarnya "menjebak" cahaya itu.
Vantablack dapat menyerap 99,96 cahaya yang mengenainya, membuat obyek tiga dimensi apapun terlapisi yang membuatnya terlihat seperti permukaan datar dua-dimensi.
Kamu tidak akan bisa mengetahuinya kecuali melihat langsung dari sudut yang memperlihatkan tekstur dan ketebalan sebenarnya.
Menurut Artnet, obyek yang dilapisi Vantablack dalam foto-foto ini merupakan merupakan mangkuk tiga-dimensi.
Berkat pigmen hitam ini, mangkuk itu hanya terlihat seperti lingkaran hitam datar.
Kepala teknis Surrey NanoSystems, Ben Jensen, berkata pada BC, "Jika kamu melihatnya pada obyek 3D, seperti foil berkerut, sisi yang terlapisi masih terlihat seperti permukaan datar dua-dimensi biasa.Tapi ketika kamu membaliknya, kamu akan menyadari akan ada banyak dimensionalitas, kamu akan terkejut betapa berbedanya benda ini."

Vantablack
Vantablack (Facebook/Surrey NanoSystems)

Ketika benda berwarna hitam biasa disejajarkan dengan Vantablack, maka benda tersebut malah terlihat berwarna abu-abu.
Meskipun Vantablack ini sudha cukup hitam, Surrey NanoSystems masih terus ingin mengembangkan Vantablack yang lebih hitam lagi dan lebih pekat lagi.

Vantablack
Vantablack (Facebook/Surrey NanoSystems)

Surrey NanoSystems mengklaim bahwa Vantablack diminati banyak pihak untuk berbagi kegunaan tertentu.
Beberapa seniman ingin menggunakan Vantablack dalam karya seninya.
Namun saat ini, hanya ada satu seniman yang memiliki hak eksklusif penggunaan Vantablack, yaitu Anish Kapoor asal Inggris.

Vantablack
Vantablack (Facebook/Surrey NanoSystems)

Mendeskripsikan Vantablack, Kapoor berkata pada Artnet bahwa Vantablack merupakan material paling hitam sejagat raya setelah lubang hitam, seolah-olah kamu bisa menghilang jika masuk kedalamnya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Unik!! Hubungan Badan di Malam Pertama Di jadikan Tontonan

72 Tahun Hidup Bersama Dua Nenek Ini Akhirnya Menikah

Kisah Nyata 'Diculik Alien'